Mengejar uang merupakan salah satu tujuan bisnis bagi kebanyakan orang. Ini merupakan konsekuensi logis dari natur alami manusia secara umum, natur manusia mengalami deformasi. Manusia cenderung mencintai dirinya. ia mementingkan hal-hal yang menyenangkan hatinya. Dalam kisah-kisah klasik pun ditulis bahwa salah satu faktor yang sangat menggiurkan dalam hidup manusia adalah uang bahkan uang itu disandingkan dengan Tuhan. Allah atau uang- itu menjadi pilihan-pilihan setiap orang.

tujuan bisnis

tujuan bisnis

Baca Juga : Memulai Bisnis Online Terbaru

Dalam bisnis, uang merupakan salah satu faktor yang penting. Tanpa uang, Anda tidak dapat melakukan bisnis Anda. Anda tidak dapat beraktifitas bila dana tidak ada. Tidak ada uang tidak ada bisnis. Bahkan dalam kalkulasi jadi tidaknya sebuah proyek dilaksanakan, Net Present Value (NPV), yang merupakan indikator apakah ‘cash flow’ positif atau negatif dari sebuah proyek, menjadi salah satu kriteria yang sangat penting. Bila NPV lebih besar dari nol, itu berarti proyek bisa dipertimbangkan untuk dilaksanakan.

Dalam bisnis, uang sudah mencengkram mind-set hampir semua pelaku bisnis. Falsafah Pragmatism telah menggerogoti hampir semua pengusaha. Mulai dari CEO, Top Management sampai kepada karyawan dengan posisi paling rendah seperti Office Boy- uang menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan setiap keputusan.

Baca Juga : Bisnis Rumahan Yang Sangat Menguntungkan

Anda pasti mendapatkan uang bila Anda melakukan bisnis Anda dengan baik. Bila jasa atau produk yang Anda berikan kepada orang lain atau masyarakat dibutuhkan- selalu ada kompensasi berupa uang. Boleh dikatakan tidak ada jasa atau produk yang dapat berdiri sendiri ada keterkaitan antara produk atau jasa yang satu dengan yang lain. Hampir semua bisnis saling berhubungan dan tidak ada bisnis yang dapat berdiri sendiri. Natur alam memang sudah demikian, alam eksis untuk kebutuhan manusia dan manusia eksis untuk sesamanya dan Pencipta-Nya. Oleh karena itu, bila satu aspek kehidupan mengalami kerusakan- ini akan berdampak pada aspek lain. Bila satu bidang diabaikan, maka bidang lain akan kena getahnya. Jadi, bila jasa atau produk bisnis Anda berfaedah bagi pihak lain, ini akan memberi pengaruh positif pada rantai bisnis di mana bisnis Anda menjadi bagiannya.

Tujuan Bisnis Bukanlah Mengejar Uang, tetapi Melayani Masyarakat

Salah satu poin yang mau saya garis bawahi adalah agar motif Anda berbisnis bukanlah mengejar uang. Tujuan berbisnis yang paling utama, pada hakekatnya, bukanlah mencari uang. Pada awalnya, motif seperti ini sering eksis pada saat Anda merintis bisnis. Kalaupun hal ini terjadi, saya harap Anda dapat menggusur motif seperti ini di kemudian hari sehingga bisnis Anda sehat dan kuat di masa-masa mendatang tanpa mengabaikan pentingnya uang di dalam pengambilan keputusan bisnis Anda.

Baca Juga : Bisnis Kakao Untuk Hari Tua

Yang perlu Anda tekankan dalam tujuan bisnis adalah bagaimana agar bisnis Anda berfaedah bagi masyarakat eksistensi Anda berguna bagi orang lain. Uang merupakan konsekuensi logis dari jasa atau produk bisnis Anda. Ada prinsip klasik yang mengatakan bahwa kekayaan merupakan konsekuensi logis dari orang-orang yang mengejar bijaksana. Bila ini menjadi tujuan Anda dalam berbisnis, kemungkinan besar Anda menjadi kaya. Oleh sebab itu, KEJARLAH HIKMAT, BUKAN UANG.

Demikian ulasan kami tentang Tujuan Bisnis Bukan Hanya Mengejar Uang . Kami harap tulisan-tulisan ini dapat menjadi pegangan dalam hidup Anda selama berbisnis . Bila Anda melakukan hal ini- Anda tidak akan mengalami kerugian bahkan bisnis Anda akan berkembang dengan baik.