fb

Kedepan Pasar Devris akan disulap menjadi pasar tematik dengan konsep pusat souvenir. Pasar yang khusus menjual produk-produk ringan itu untuk menjawab sekaligus memanjakan kebutuhan pembeli atau konsumen.

Demikian hal itu diungkapkan Direktur Operasional PD Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor Syuhairi Nasution selepas meresmikan Bogor Expo Farm Market Pasar Tani Indonesia di Pasar Devris, Kota Bogor, Rabu (14/12/2016).

BOGOR EXPO FARM MARKET

BOGOR EXPO FARM MARKET

Dia mengatakan setelah sebelumnya pasar tersebut dijadikan pusat kuliner dan penjualan batu akik mengingat peluang saat itu sangat besar, sekarang pihaknya mencoba memasarkan produk-produk hasil pertanian dan UMKM.

“Hal ini sebagai upaya kami bagaimana pasar tematik ini tetap eksis, jangan sampai sepi peminat atau konsumen. Setidaknya dengan  kami kembali memperkenalkan eksistensi Pasar Devris dan semua tahu bahwa pasar adalah muara semua produk pertanian,” jelasnya.

Nah, lantas konsep apa yang nantinya akan dilakukan PD PPJ selaku pengelola pasar terhadap Pasar Devris kedepan?. Menurut Syuhairi, dikarenakan semua kegiatan di Pasar Devris bersifat temporer, maka pihaknya mengharapkan pasar tematik ini dengan konsep pusat souvernir.

BOGOR EXPO FARM MARKET

BOGOR EXPO FARM MARKET

“Dipilihnya pusat souvernir dikarenakan di Kota Bogor masih jarang. Yang ada hanya di samping Plaza Bogor sekitar Jalan Ottista dan kawasan itu daerah terlarang mereka berjualan di atas trotoar,” terangnya.

Untuk itu, sambungnya, setelah perencanaan ini matang, pedagang souvernir di Jalan Ottista akan dipindahkan ke Pasar Devris. Berharap para pedagang mau untuk dipindah yang ditempatkan di lantai atas.

“Kedepan pasar ini akan lebih baik memiliki posisi strategis. Sesuai grand desain Taman Topi akan revitalisasi termasuk Stasiun Bogor, sehingga ini akan menambah nilai pasar utamanya pengunjung yang mencari souvernir tidak perlu jauh-jauh ada di Pasar Devris,” ucapnya.

Sementara itu, Pasar Devris memiliki daya tampung pedagang dengan rincian lantai atas 20 kios dan lantai dasar 35 kios.

“Konsep sekarang sedang pengkajian, mudah-mudahan tahun 2017 sudah bisa direalisasikan, termasuk pembenahan fasilitas gedung seperti halnya anak tangga dinilai terlalu curam,” tandasnya.