fb

arti tahun monyet api sibisnisApa hubungannya antara 2 Gong di atas ?

Senin 08 Februari 2016 kemarin merupakah Hari Raya Imlek 2016 – Gong Xi Fa Cai. Tahun Imlek tahun ini adalah tahun Monyet Api. Monyet dengan alamiahnya adalah hewan yang lincah, adalah penanda bahwa kita akan memasuki era yang bergerak dengan cepat dan dinamis. Keriangan monyet adalah mungkin bias berarti akan terjadi era komunikasi lintas batas. Pola marketing membutuhkan cara yang luwes, santai, dan jauh dari kekakuan, namun bias menembus market dengan cepat. Ini bias dikaitkan dengan sekarang adalah era digitalisasi, semua dilakukan serba one stop – one blast.

Api sebagai sifatnya bila kecil masih aman dan sangat berguna, jika besar malahan justru menjadi destruktif. Artikan penafsiran kurang lebih adalah kita harus bias menarik ulur akan sesuatu, tahu saat yang tepat menarik dan mengulur, menembak dan bersembunyi atau lari kedepan atau mundur kebelakang. Tentu dengan dibekali cara dan tata manajemen dan pengelolaannya yang bias benar-benar terukur.

Untuk para pelaku Bisnis – UKM – Entrepreneur di Indonesia dengan 2 Gong ini, harus bersiap dengan skill bisnis yang strategis, luwes dan handal dalam menyampaikan produknya di pasaran, melakukan pemasaran dengan jitu dan tepat sasaran, serta selalu melakukan langkah – langkah inovasi dan pembaruan terus menerus. MEA secara ringkas berisi 5 hal, yakni diberlakukannya arus bebas antar sesame Negara anggota ASEAN, yang meliput: Arus bebas Barang, arus bebas Jasa, arus bebas Tenaga Kerja Terampil, arus bebas Modal, dan arus bebas Investasi. Untuk ke lima hal tersebut, masyarakat Indonesia punya kesempatan yang sama. Kita sebagai yang diserbu atau kita sebagai penyerbu atau minimal bisa berkompetisi dengan mereka di negeri sendiri.

Banyak dari warga negara lain anggota ASEAN masuk ke Indonesia, mempelajari budaya lokal, mengikuti kursus kilat ketrampilan dan kerajinan daerah, mendirikan lembaga-lembaga konsultan, membuka pelatihan-pelatihan, menjadi pengajar dan pemberi training. Belum lagi yang masuk sebagai pebisnis dan siap berkompetisi dengan pebisnis-pebisnis lokal orang Indonesia.

SiBisnis.com merupakan startup support pelaku Bisnis – UKM – Entrepreneur nomor 1 di Indonesia dan yang pertama. Tidak ada salahnya kita kunjung laman ini, dan mempelajari apa yang bisa didapat dan di share kerekan-rekan kita. Untuk lebih memperkuat pertahanan basis ekonomi kreatif dan kerakyatan dari oleh dan untuk masyarakat Indonesia. Syukur-syukur bias menembus pasar lintas batas negara ASEAN di era MEA sekarang dan di tahun Monyet Api ini.

Gong Xi Fa Cai !!!