fb

Cara membuat toko online ternyata tidak terlalu sulit. Go online kini sudah menjadi tren banyak pelaku usaha, mulai usaha kecil sampai usaha dengan skala besar. Mereka sudah mulai mengerti peluang yang diciptakan akan jauh lebih besar dibanding mereka menjual secara offline. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mudah membuat toko online mulai dari tahap pemilihan domain, pemilihan CMS , menyajikan konten website yang menarik hingga mempromosikan toko online anda. Namun sebelumnya lihat ilustrasi dibawah ini untuk gambaran anda mengapa anda harus memiliki toko online. Jika dilihat dari gambar dibawah tentu sudah jelas pasar toko online memiliki peluang yang lebih besar.

Cara Membuat Toko Online

Cara Membuat Toko Online

Miliki Website dan Aplikasi Bisnis Anda Sendiri

Kini Anda dapat memiliki website dan aplikasi bisnis brand Anda sendiri dengan mudah dan biaya terjangkau, memudahkan customer Anda melakukan transaksi di website dan aplikasi bisnis Anda. Anda cukup fokus melakukan promosi, karena sistem transaksi dan pembayaran kami yang menangani.

Berikut Cara membuat toko online

1 . Analisa Pasar dan Produk
Dalam analisa ini anda harus mengetahui pasar yang anda ingin target, komparasikan dengan jenis produk, kemudian analisa juga apakah produk tersebut termasuk dalam produk yang mudah di distribukan atau tidak.

2. Produk
Produk yang dijual secara online harus memiliki ketersediaan stok yang memadai. Barang yang tampil pada toko online anda juga harus diupdate mulai dari stok, deskripsi produk, kenaikan harga, penentuan diskon, promo produk serta rekap penjualan per produk. Disarankan anda harus memahami betul Semua yang berkaitan dengan produk.

Baca juga : Bisnis tiket pesawat

3. Pemilihan domain
Pada tahap ini kami bagi menjadi dua pilihan. Yang pertama jika sebelumnya produk anda sudah memiliki nama(brand) sendiri, kami sarankan anda memilih nama domain sesuai dengan nama brand anda. Contoh : Adrianbatik.com . Pilihan kedua yaitu KOD ( keyword on domain ) , pilihan ini sangat menguntungkan anda di search engine (google,yahoo,dll) sebagai contoh grosir–batik.com batik–solo.com. silahkan pilih domain yang sesuai dengan tujuan anda.

4. Hosting,CMS,Themes dan Sistem toko online
Siapkan hosting untuk toko online, anda bisa pesan di penyedia hosting. Untuk CMS, Themes dan sistem yang toko online sebaiknya konsultasikan ke penyedia jasa pembuatan toko online seperti sibisnis. Atau anda bisa rancang sendiri dengan menggunakan engine platform wordpress sebagai CMS, themes dan sistem toko online anda. Gunakan berbagai plugin yang dapat di instal oleh wordpress sebagai penunjang toko online anda.

5. Buat Landing page yang menarik
Setelah toko online anda sudah selesai dibuat, hal yang selanjutnya anda lakukan adalah membuat landing pages yang menarik bagi pengunjung. Bagaimana membuatnya? Caranya mudah, buatlah promo produk dengan potongan harga atau penawaran menarik lainnya . kemudian buatlah banner promo tertarik dengan promo yang anda buat, kemudian mereka membeli dan pada akhirnya produk yang ada pada toko online anda terjual.

Baca juga : 5 Tips sukses memulai bisnis

6. Lakukan Promosi
cara membuat toko online yang terakhir adalah PROMOSI . Cara melakukan promosi untuk toko online anda bisa melalui beberapa cara misalnya FB ads, Instagram Ads, SEM dengan google Adword , yellowpages dan twitter ads. Promosi juga bisa anda lakukan dengan memberi potongan harga beberapa produk yang paling laris atau barang yang sedang hits.

Cara membuat toko online yang praktis adalah mempercayakan serta mengkonsultasikan kebutuhan sistem toko online anda ke pihak developer website atau toko online seperti sibisnis.co.id . Dengan begitu anda tidak perlu repot – repot mempelajari web programming atau ilmu-ilmu yang berkaitan dengan pembuatan toko online. Cukup dengan menjelaskan tentang usaha anda beserta produk yang nantinya akan dijual pada toko online anda sendiri.