fb

Siapa yang tidak mau menjadi bos? Tentunya menjadi seorang bos atau memiliki usah sendiri adalah impian semua orang karena memiliki banyak keuntungan. Anda bisa bekerja dengan cara Anda, semaunya Anda. Tidak lagi Anda dikendalikan oleh keputusan-keputusan sepihak dari orang lain atau menjadi bagian dari permainan politik kantor. Memulai bisnis sendiri membutuhkan keberanian yang luar biasa, namun ketika bisnis tersebut sudah berjalan, maka Anda tidak perlu lagi memikirkan untuk mencari pekerjaan. Dan di era informasi ini, dimana sebagian besar orang hidup dengan gaya online, maka bukanlah suatu keputusan yang buruk untuk berbisnis online. Bagaimanapun juga sebelum memulai bisnis online Anda, lalu apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum memulai usaha Anda?  Berikut adalah 5 hal yang perlu diketahui sebelum memulai bisnis online :

memulai bisnis online

memulai bisnis online

Memulai Bisnis Online

  1. Modal

Tidak ada bisnis tanpa modal. Bedanya disedikit atau banyak modal yang digunakan. Anda tidak cukup hanya dengan menetapkan budget total tapi Anda juga harus menetapkan budget harian atau mingguan tergantung dari bagaimana Anda ingin bisnis Anda berkembang kedepannya. Ketika Anda memulai bisnis online Anda dari nol, Anda mungkin tidak akan bisa membangun sebuah sistem yang langsung mendatangkan keuntungan buat Anda. Anda harus mengorbankan sejumlah budget Anda hingga bisnis Anda bisa menghasilkan keuntungan yang besar untuk Anda nikmati. Jadi, persiapkan diri Anda sebaik mungkin terutama kondisi finansial Anda.

  1. Membangun sebuah website

Website sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan perkembangan bisnis jaman sekarang. Keberadaan website itu sendiri sudah terbukti mampu memperpendek jarak antara pebisnis dan pelanggannya. Terlebih satu keunggulan yang sangat dimanfaatkan oleh pebisnis adalah jangakauannya yang tak terbatas, kecuali area yang tidak dapat menerima jaringan internet. Membangun website pun dibutuhkan untuk mengenalkan produk atau jasa Anda kepada pelanggan Anda. Website juga akan menjadi salah satu cara Anda mendapatkan penjualan Anda yang pertama. Namun, ingat untuk menggunakan theme yang user-friendly untuk website Anda.

  1. Menemukan target pasar Anda

Ketika bisnis Anda go-online, maka target pasar Anda adalah semua orang yang ada di dunia ini. Namun, produk dan jasa Anda mungkin tidak dimaksudkan untuk semua orang. Anda harus memastikan orang-orang yang tepat menemukan produk Anda tergantung apa yang Anda jual. Search Engine Optimization (SEO) sangat penting untuk menjamin bisnis Anda muncul di halaman mesin pencari ketika orang lain sedang mencari penjual yang potensial. Mulailah untuk menyusun daftar-daftar pengiklan, ahli SEO dan tim digital marketing yang bisa membantu bisnis Anda untuk mendapatkan prospek agar bisa Anda kirimkan sales newsletter.

  1. Digital marketing

Digital marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah usaha Anda dengan menggunakan media digital yang sehingga dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Salah satu cara untuk engage dengan audience Anda adalah digital marketing. Dalam dunia digital marketing, Anda dapat menemukan berbagai pelatihan, workshop online maupun offline untuk membantu Anda dalam hal ini. Belajar bagaimana cara menggunakan sosial media, blog atau website lain untuk mempromosikan bisnis Anda.

  1. Temukan sumber pelanggan terbaik

Anda harus mencari tahu bagaimana orang-orang menemukan informasi tentang bisnis Anda. Apakah lewat digital atau lewat media. Jika Anda menemukan mayoritas daripada pelanggan-pelanggan Anda datang dari sumber tertentu, maka investasikan lebih usaha Anda di sumber traffic tersebut dalam menghasilkan hasil yang maksimal untuk usaha Anda.